Minggu, 01 Juli 2018

Asal Mula Rumus Persegi dan Persegi panjang

Asal mula rumus persegi dan persegi panjang
Persegi adalah bangun datar yang terbentuk dari empat sisi yang sama panjang. Keempat sisi yang disimbolkan dengan a ini saling tegak lurus, dengan kata lain semua sudutnya siku-siku.
Kali ini saya akan membahas asal mula luas persegi dan persegi panjang.

1.      Pertama kita akan membuktikan rumus persegi.
Misalkan diketahui persegi :


Luas, luasan, atau area adalah besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi suatu bagian permukaan yang dibatasi dengan jelas, biasanya suatu daerah yang dibatasi oleh kurva tertutup. Dari persegi diatas maka yang berwarna merah pada persegi tersebut adalah luas nya. Kemudian Perhatikan persegi pada gambar berikut. Setiap kotak atau persegi kecil menggambarkan satu satuan luas.



Ketika kita menghitung secara manual persegi – persegi kecil diatas, terdapat 100 persegi, atau bisa dikatakan luas persegi tersebut 100 satuan persegi. Ternyata nilai 100 ini merupakan hasil kali panjang sisi persegi dengan sisi lainnya yang tegak lurus, atau banyak baris dikali banyak kolom kotak pada persegi. 


Berdasarkan proses di atas, terbukti bahwa:


2.      Selanjutnya kita akan membuktikan luas persegi panjang

Sebenarnya cara menemukan asal mula luas persegi panjang, sama hal nya dengan persegi. Misalkan diketahui suatu persegi panjang : 




Dari persegi panjang diatas, yang berwarna hijau pada persegi panjang tersebut adalah luas nya. Kemudian Perhatikan persegi panjang pada gambar berikut. Setiap kotak atau persegi kecil menggambarkan satu satuan luas.





Ketika kita menghitung secara manual persegi – persegi kecil diatas, terdapat 30 persegi kecil, atau bisa dikatakan luas persegi panjang tersebut 30 satuan persegi. Ternyata nilai 30 ini merupakan hasil kali panjang sisi persegi panjang dengan sisi lainnya yang tegak lurus, atau banyak baris (panjang) dikali banyak kolom (lebar) kotak pada persegi. bahwa: 

Berdasarkan proses di atas, terbukti :

Sekian ilmu yang dapat saya berikan semoga bermanfaat, sampai bertemu dan membaca di post berikutnya...
Salam Pendidikan !!! :) 


Daftar Pustaka
Haq, A. I. (n.d.). KimiaMath. Retrieved July 01, 2018, from KimiaMath: http://www.kimiamath.com/pembuktian-rumus-luas-persegi/


1 komentar:

  1. Penjelasan kk jelas dan mudah dipahami. Terima kasih kk!

    BalasHapus